Penyakit kaki gajah atau filariasis memang sudah familiar, namun cara pencegahannya mungkin masih perlu sosialisasi. Upaya pencegahan ini sangat diperlukan agar Anda tidak harus mengalami penurunan fungsi tubuh dan pembengkakan akibat kaki gajah. Dilansir dari berbagai sumber, cara mencegah filariasis berikut ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

  • Menjaga Kebersihan Badan
https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1564980906/attached_image/daun-shiso-merah-untuk-menjaga-kebersihan-tubuh.jpg

Menjaga kebersihan memang sangat relevan dengan menjaga kesehatan. Kebersihan badan yang terjaga, tentu akan menghindarkan diri dari berbagai bibit penyakit. Mandi secara teratur dan rajin mencuci tangan merupakan bagian dari menjaga kebersihan badan.

Cara mencegah filariasis dengan menjaga kebersihan badan ini sangat efektif karena menghindarkan kemungkinan penularan infeksi cacing filaria penyebab penyakit kaki gajah. Penyakit ini tentu saja sangat merugikan karena menurunkan sistem imun juga mengubah penampilan dengan adanya pembengkakan.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan
https://akah.desa.id/desa/upload/artikel/sedang_1569032196_WhatsApp+Image+2019-09-21+at+07.45.04.jpeg

Selain menjaga kebersihan badan, cara mencegah filariasis juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi sarang nyamuk. Anda harus memutus rantai penyebaran larva nyamuk agar tak terkena gigitan yang bisa menularkan larva cacing filaria. Hal ini akan mencegah tertular bibit penyakit kaki gajah yang bisa menular lewat gigitan nyamuk atau larva cacing filaria yang berkembang di tempat yang kotor.

Jangan biarkan ada genangan air di sekitar rumah atau tempat kerja. Bersihkan rumput dan pepohonan yang terlalu rimbun agar tidak menjadi sarang nyamuk. Jangan menumpuk pakaian kotor dan bersihkan setiap bagian rumah agar selalu bersih dan nyaman untuk ditempati.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Penerapan pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap berfungsi normal. Dalam kaitannya dengan cara mencegah filariasis, penerapan pola hidup sehat ini akan membentuk sistem imun tubuh yang kuat agar mampu melawan berbagai sumber penyakit, termasuk serangan cacing filaria. Selain menjaga kebersihan diri, pola hidup sehat yang harus diterapkan adalah menjaga pola makan, pola istirahat, dan olahraga.

Anda harus memperhatikan pola makan agar teratur dan tepat waktu. Porsinya pun harus cukup. Kebutuhan nutrisi juga harus dijaga agar tetap menstabilkan sistem imun tubuh. Istirahat juga sangat perlu diperhatikan dengan tidur yang berkualitas yaitu mempunyai waktu tidur yang cukup dan tepat waktu. Untuk olahraga, tetap sempatkanlah agar tubuh bergerak bebas dan menjadi bugar kembali. Olahraga ringan juga sudah sangat bermanfaat untuk tubuh. Jadi, mari hidup sehat!

  • Menghindari Gigitan Nyamuk

Cara mencegah filariasis juga sangat efektif dengan mengindari gigitan nyamuk. Caranya adalah dengan mengenakan baju dan celana berlengan panjang saat malam hari. Anda juga bisa mengoleskan lotion anti nyamuk. Tidur dalam kelambu juga dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Berbagai langkah sederhana ini jangan dianggap remeh karena dapat menyelamatkan Anda dari gigitan nyamuk yang membahayakan.

  • Menanam Lavender
Related image

Tanaman lavender terkenal sebagai tanaman anti nyamuk. Mengapa? Baunya yang khas memang tak disukai nyamuk. Oleh karena itu, rumah yang ditanami lavender akan dijauhi nyamuk, sehingga Anda bisa terlindungi dari perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah. Pencegahan dengan penanaman lavender ini sangat menarik karena efektif dan juga menambah koleksi tanaman indah di rumah.

  • Membersihkan Genangan Air

Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya, membersihkan lingkungan juga termasuk membersihkan genangan air. Tindakan ini sangat penting sebagai cara mencegah filariasis yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk. Anda harus membasmi kemungkinan habitat nyamuk berupa genangan air dengan cara membersihkannya. Jangan biarkan ada sampah basah di lingkungan rumah.

Filariasis merupakan suatu penyakit akibat infeksi cacing filaria yang dapat dicegah. Selain melakukan hidup sehat agar menjaga sistem imun, Anda harus mencegah gigitan nyamuk yang bisa saja menularkan larva cacing filaria ke tubuh melalui gigitannya. Untuk itu, hindarilah tempat yang kotor dan genangan air.

Sumber Artikel:

www.honestdocs.id

www.halodoc.com

health.detik.com

Sumber Gambar:

www.alodokter.com

akah.desa.id

bibitbunga.com

Write your comment Here